Balai Taman Nasional Meru Betiri
Jungle Track
pdfprintemail

Lintas Bandealit–Sukamade merupakan kegiatan wisata yang menitikberatkan pada wisata petualangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan pada bulan Juni–September bertepatan dengan waktu libur sekolah/kuliah.
        Jalur yang bisa dilalui untuk lintas Bandealit – Sukamade dimulai dari dari Pantai Bandealit – Blok Sumbergadung – Teluk Meru – Teluk Permisan – Sukamade sejauh 18 Km dan dapat ditempuh selama 3 hari.  Di samping itu juga ada lintas pendek yang dapat ditempuh yaitu Bandealit – Teluk Meru sepanjang 14 Km dapat ditempuh selama 5 – 6 jam. Di sepanjang perjalanan, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dan panorama pantai di Teluk Meru dan Teluk Permisan yang merupakan tempat istirahat selama melakukan lintas/perjalanan.

Bandealit - Teluk Meru
Tracking Bandealit - Meru merupakan perjalanan awal dalam rangkaian kegiatan Jungle Track Bande-Suka, perjalanan bisa dimulai dari pantai bandealit dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua atau empat menuju blok Sumbergadung.
Perjalanan Sumbergadung - Patok 21 memerlukan fisik yang cukup baik dimana jalur yang ditempuh adalah jalur yang hampir seluruhnya dengan medan menanjak. Walau demikian dalam perjalannya kita masih bisa melakukan pengamatan flora dan fauna.
Blok Pal 21 merupakan Puncak tertinggi dalam rangkaian perjalanan menuju Pantai Meru, di sekitar blok ini kita bisa mengamati beberapa jenis aves antara lain rangkong julang emas. Setelah perjalanan menuju teluk meru dilalui dengan toporafi yang hampir seluruhnya menurun, sampailah di pantai Meru. Pemandangan yang dapat dinikmati antara lain beberapa jenis burung pantai seperti elang laut yang  sedang mencari mangsa di laut dan beberapa jenis vegetasi pantai seperti nyamplung banyak tersebar sepanjang jalur pantai Meru. Setibanya dekat muara tengah kita bisa membuat tenda untuk berkemah.

Teluk Meru - Teluk Permisan
Di awali dengan menyeberang muara sungai, kemudian melintasi hutan belantara dengan jalan setapak yang cukup jelas. Sesekali pengunjung akan menjumpai gerombolan burung julang yang terbang dengan suara kepakan sayap yang khas menyerupai helikopter.
Tibalah di puncak perjalanan yaitu tumpak dawung, kenapa dinamai tumpak dawung karena di puncak bukit ini terdapat pohon kedawung yang sangat besar, biasanya tempat ini juga digunakan para pengunjung beristirahat. Tetapi jangan terlena dengan tempat  ini, karena tidak akan menjumpai air di sini. Segeralah turun menuju pantai permisan, karena akan menemukan sungai yang airnya jernih dan segar.
Sampailah di pantai permisan barat, deburan ombak yang teratur dan pasir pantai yang bersih memanjakan pengunjung untuk bermain di pantai atau hanya sekedar berjemur. Perjalanan dilanjutkan menuju Permisan Timur yang ombaknya hampir tidak ada, sehingga merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk berenang di laut. Potensi ikannya pun sangat melimpah, sering para nelayan bersandar di pantai ini sambil menunggu jaringnya dapat ikan. Selain ikan, potensi kerang lautnya juga sangat melimpah.

Akhir dari perjalanan jungle track ini adalah Sukamade yang dapat ditempuh 1 hari lagi dari Permisan menuju ke arah timur dengan jalan khaki dan medan yang lumayan berat. Waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan.

Share |
Foto Terbaru
Visit Meru Betiri
Video Terbaru
Penyu Bertelur
Pengunjung
Total Pengunjung : 391094
Hari Ini : 123
Bulan Ini : 33412
Sedang Online : 2
Peta Pengunjung